Terjemahan halaman ini belum lengkap. Sampai saat itu, bagian yang belum selesai menggunakan aslinya bahasa Inggris.

mediaplayer-icon_64.pngPemutar Media (MediaPlayer)

Deskbar:Aplikasi
Lokasi:/boot/system/apps/MediaPlayer
Pengaturan:~/config/settings/MediaPlayer


MediaPlayer is the default player for all audio and video files. Thanks to its ffmpeg backend, a plethora of widely used formats are supported. Its simple interface has all the controls you'd expect:

mediaplayer.png

Slider dari progress bar memungkinkan Anda untuk dengan cepat menelusuri posisi, meletakkan mouse di atasnya menunjukkan waktu saat ini dan sisa klip. Mengklik tampilan waktu di sebelah kanannya, beralih antara panjang, saat ini dan waktu yang tersisa.
Di bawah ini Anda menemukan kontrol yang biasa untuk lompat ke trek sebelumnya, main / jeda, berhenti dan lompat ke trek berikutnya. Kemudian datang kontrol volume (mengklik simbol speaker matikan mematikan) dan VU meter.

Pemutaran audio dan video

Karena tidak ada fitur khusus untuk pemutaran audio, kami akan langsung ke fitur video atau umum.

mediaplayer-info.png

Yang tersedia untuk semua media adalah info File ... (ALT I).Ini menampilkan informasi tentang file yang sedang dimuat, seperti waktu pemutaran atau detail trek audio / video dan codec-nya.

Sebagian besar perintah yang sering digunakan dari menu juga tersedia dari menu konteks klik kanan pada area video. Nyaman ketika dalam mode layar penuh.
Di bawah Video Anda akan menemukan opsi untuk memperbesar jendela ke berbagai tingkat atau memaksa rasio aspek ke beberapa nilai standar. Meninggalkan rasio aspek ke bawaan pengaturan Stream akan berfungsi paling baik untuk file yang disandikan dengan benar.

MediaPlayer mendukung subtitle dalam format SRT. untuk membuatnya muncul di bawah Subtitles, nama filenya harus identik dengan file videonya, dengan nama bahasa yang diterjemahkan dan ".srt" bukan ekstensi video. Sebagai contoh:

MyMovie.avi
MyMovie.Deutsch.srt
MyMovie.English.srt
MyMovie.Français.srt

Beberapa trek audio, paling sering digunakan untuk beberapa bahasa di dalam satu file video, tersedia dari submenu Audio track submenu. The submenu Video | Track menawarkan hal yang sama ketika memiliki beberapa stream video tersedia.

Anda dapat beralih ke mode layar penuh (ALT ENTER atau F atau double-click kiri ), sembunyikan perbatasan MediaPlayer dan kontrol dengan Hide interface (ALT H atau klik kanan dua kali) or have it's window Selalu di atas (ALT A).

Daftar putar (playlist)

MediaPlayer | Daftar putar... (ALT P) membuka jendela dengan file yang saat ini antri untuk diputar. Mengklik dua kali entri mulai memainkannya.

mediaplayer-playlist.png

Anda dapat menambahkan lebih banyak file dengan menjatuhkannya ke dalam daftar dan mengatur ulang posisinya melalui & drop. Dari menu Edit Anda dapat Mengacak or Menghapus (DEL) entri dari daftar atau menghapus file aktual dengan Pindahkan ke Sampah (ALT T).

Tentu saja, Anda dapat Menyimpan daftar putar dan kemudian Buka lagi, atau mulai dengan mengklik dua kali file daftar putar.

Pengaturan

Ada beberapa pengaturan untuk menyempurnakan perilaku MediaPlayer:

mediaplayer-settings.png

The first batch, Play mode, is pretty self-explaining.
Start playback automatically, close windows when finished or play clips in a loop.
From the pop-up menu you choose MediaPlayer's launch behavior. Should it resume playing where it left off last time: always, never, or ask every time.

Next are different View options.
You can opt to Use hardware overlay if available, which cuts down CPU usage but only works for one video window and needs a supporting video card driver.
You can Scale movies smoothly (when not in overlay mode) which uses very fast filtering to smooth over otherwise blocky pixels when zooming video or watching in full-screen mode.
Scale controls in full-screen mode if you prefer slightly bigger controls, maybe because you watch the screen from a bit farther away when in full-screen mode.
Then there are settings for Subtitle size and Subtitle placement. They can be shown at the Bottom of video, which will always have them overlayed over the picture. Or Bottom of screen, which allows you to resize the window vertically and have the subtitles appear in the black bar at the bottom instead.

Pengaturan terakhir menentukan volume klip yang jendelanya sedang tidak aktif. Anda dapat membuat semuanya menggelegar Full volume, menurunkan rasa pusing dengan volume rendah atau Diam-diam Dibisukan.

Kontrol keyboard

MediaPlayer menawarkan kombinasi tombol yang nyaman untuk mengontrol pemutaran tanpa menggunakan mouse.

ZLompat ke trek sebelumnya
XMainkan
CJeda
VStop
BLompat ke trek berikutnya

Tombol-tombol ini ditetapkan untuk fungsi tombol kontrol. Tombol-tombol itu selalu merupakan tombol huruf kiri bawah pada keyboard, mis. Tombol-tombol tersebut digunakan secara terpisah dari penekanan tombol Anda saat ini. Tombol-tombol di atas sesuai dengan keymap standar AS-Amerika.

/ Cari mundur / maju
SHIFT / Lompat mundur / maju 10 detik
ALT / Melompat mundur/maju 30 detik
/ Kurangi / Tambah volume
ALT / Lewati ke Trek berikutnya / sebelumnya
SpacebarBeralih / berhenti sementara
ALT ENTERMengalihkan mode layar penuh (juga dilakukan dengan mengklik dua kali area video atau menekan F or TAB)
ALT SHIFT 0 / 1 / 2 / 3Mengubah rasio aspek ke pengaturan Stream (bagaimana video dikodekan), Tidak ada koreksi aspek (memetakan piksel video 1: 1 ke layar), 4:3, 16:9